Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Fans Page - Halaman Facebook



Halaman Facebook, Bukan hal yang baru lagi untuk berbisnis online. menggunakan media jejaring sosial facebook sampai saat ini adalah cara yang masih ampuh untuk menjajakan barang atau jasa kedunia secara online. alasan kenapa banyak pelaku bisnis suka memanfaat jejaring sosial untuk berbisnis online mereka. Salah satu alasannya adalah karena orang banyak berkumpul sekedar berbagi cerita maupun berbagi status menggunakan facebook. bahkan situs-situs besar pun sekarang ini, sudah menggunakan FB untuk menjaring pelanggannya.

Ngomong-ngomong masalah berbisnis online, menggunakan jejaring sosial facebook, ada dua cara yang bisa kita gunakan, yang pertama menggunakan akun Facebook. dan yang kedua menggunakan halaman fans page.

Dari masing-masing akun tersebut tentu ada kekurangan dan kelebihan "menurut saya". Apa yang membuat beda? mari kita cari tau bareng.

Yang pertama kekurangan dari akun fb untuk berbisnis online adalah, kita dibatasi untuk menambahkan teman. kurang lebih sekitar 5000 orang saja kita bisa menambahkan teman. dan tentu itu menjadi salah satu kekurangan jika kita menggunakan akun fb untuk berbisnis online. berbeda dengan kita menggunakan halaman (Fanspage) kita tidak dibatasi.

Kelebihanya apa? dengan menggunakan akun facebook, kita dapat bertatap muka dengan pelanggan kita dan juga dapat chat langsung. Nah disini kekurangan kita menggunakan fans page kita tidak dapat chat secara langsung apalagi untuk bertatap muka dengan pelanggan kita. Akan tetapi walaupun kita tidak dapat chating, kita dapat menerima dan mengirim pesan kepelanggan kita. Insyallah mudah di fahami ya?..

Ok balik lagi kepembahasan awal tentang bagaimana sih caranya membuat fans page.

Sebelum kita masuk ke inti dari pembahasan kita, pastinya sahabat sudah mempunyai akun fb, karena untuk membuat halaman facebook kita diharuskan mempunyai akun fb. tapi jika sahabat belum mempunyai akun fb dapat membaca panduan cara membuat akun facebook.

Cara membuat Fans Page.


Ok sebelum sahabat mengikuti panduan cara buat halaman, sahabat pastikan dulu bahasa akun facebook sudah berbahasa Indonesia, karena panduan yang akan saya sampaikan menggunakan bahasa Indonesia, supaya lebih mudah mengikutinya, walaupun pada dasarnya sama saja untuk tata letaknya. Jika sahabat ingin mengganti bahasa akun facebook, dan belum tau bagaimana dan langkah-langkah mengganti bahasa di akun facebook, sahabat dapat baca cara mengganti bahasa akun facebook, yang sudah saya bagikan pada pertemuan yang telah lalu.

Untuk membuat akun facebook pastikan sahabat sudah login/masuk di akun facebook sahabat.

 Secara defoult jika sahabat baru masuk ke akun facebook sahabat akan berada dihalaman beranda. dan untuk membuat fanspage atau halaman klik menu drop down edit akun di sudut kanan atas. kemudian pilih dan klik "Buat halaman" kemudian akan tampil 6 pilihan kategori yaitu "Tempat atau Bisnis Lokal" , "Perusahaan, Organisasi, atau Institusi", "Merek atau Produk","Artis, Grup Musik, atau Tokoh Masyarakat","Hiburan", "Perjuangan atau Komunitas".

Kemudian silahkan sahabat pilih salah satu, contohnya sahabat ingin membuat halaman untuk bisnis lokal, Silahkan sahabat klik "tempat atau bisnis lokal" kemudian akan tampil 6 kolom yang perlu sahabat isi.

Yang pertama adalah kolom kategori, silahkan sahabat pilih kategori bisnis lokal dengan cara klik "kolom kategori" kemudian akan muncul banyak pilihan silahkan sahabat pilih salah satu contohnya sahabat pilih "toko buku".

Kemudian dikolom kedua masukan nama toko buku atau tempat toko buku. Contohnya (Buku Panduan Teknisi Komputer).

kemudian di kolom yang ketiga masukan "alamat lengkap" toko buku sahabat. Yang lengkap ya? supaya penggemar toko toko buku online, dapat dengan mudah berkunjung ketoko secara ofline.

Kemudian dikolom yang ke empat masukan "kota/provinsi" tempat tinggal sahabat.

dan dikolom kelima masukan "kode pos".

dan dikolom yang yang terakhir atau kolom yang keenam masukan "nomor telepon".

dan yang terakhir klik tombol "Memulai".

Sampai di tahap ini sahabat sudah memasuki halaman pengaturan untuk fans page baru sahabat, dihalaman ini adalah yang terpenting dari proses pembuatan halaman facebook. silahkan disimak.

Pengaturan Fans Page Baru


Ada 4 pengaturan halaman FB baru yang pertama yaitu tentang, Foto profil, Tambahkan kefavorit, Jangkau lebih bayak orang.

Mana yang lebih penting dari keempat langkah ini sebertulnya penting semua, akan tetapi yang lebih penting adalah langkah yang pertama yaitu "tentang" kenapa? karena kedepanya berpengaruh dengan hasil pencarian di search facebook.Jelas ya? untuk cara mengisi pengaturan facebook caranya sebagai berikut:


1 Tentang

Kolom yang pertama masukan kategori produk yang ingin sahabat jual, sebagai contoh buku teknisi komputer. kemudian dikolom yang kedua masukan description atau keterangan produk yang ingin sahabat jual contoh, (menjual berbagai buku panduan teknisi komputer yang sangat lengkap beserta buku-buku gratis yang bisa anda dapatkan hanya denga sekali pembelian).

Selanjutnya dikolom yang ketiga masukan alamat situs web atau tautan twitter. Jika tidak ada kosongkan saja. dan dikolom berikutnya sahabat diminta memasukan alamat unik web facebook, contohnya BukuPanduanTeknisiKomputer. tujuannya apa supaya penggemar toko buku sahabat mudah untuk mengakses halaman fans page. kemudian klik yes dikolom (Apakah Buku Panduan Teknisi Komputer adalah lembaga, bisnis, atau tempat yang nyata?) dan klik Yes dikolom (Apakah Buku Panduan Teknisi Komputer akan menjadi wakil resmi dan sah dari lembaga, bisnis, atau tempat ini di Facebook?). dan terakhir klik tombol "lewati" jika ingin mengisi dikemudian hari,

Klik "simpan Info" jika sudah mengisi semua kolom tentang.

2 Foto Profil

Di pengaturan yang kedua berkaitan dengan foto profil sahabat dapat mengganti foto profil halam fanspage dengan dua cara. yang pertama mengunggah foto dari komputer dan cara yang kedua melalui impor dari situs web. dan jika ingin melewati langkah 2 ini klik "lewati". dan jika sahabat ingin mengunggah dari komputer, klik Unggah dari komputer. Kemudia sahabat akan diarahkan ke folder komputer silahkan sahabat cari file image(Gambar) kemudian klik open dantunggu beberapa saat proses unggah selesai. kemudian klik "selanjutnya".



3 Tambahkan ke favorit


Untuk pengaturan halaman fans page yang ke tiga kita sarankan untuk menambahkan kehalaman favorit dengan tujuan mempermudah kita membuka halaman fans page saat kita membuka akun faceook. dan jika sahabat ingin menambahkan kehalaman favorit klik tombol "tambahkan ke favorit". kemudian klik tombol "lanjutkan". dan jika sahabat ingin melewati langkah 3 klik "lewati".

4 Jangkau lebih banyak orang.

Nah untuk dihalaman pengaturan yang keempat ini sahabat memerlukan biaya karena kita meniklankan halaman Fans page yang sudah kita buat, supaya mendapatkan ribuan penggemar dalam beberapa jam saja. Dan jika sahabat ingin mencari penggemar sendiri dengan cara mengundang teman fb sahabat untuk menyukai halaman fans page baru yang sahabat kelola. sahabat dapat melewati langkah ini dengan cara klik "lewati". sampai di tahap ini Halaman facebook sahabat sudah jadi.

Diatas sudah saya terangkan bagaimana cara membuat fans page, Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan pertemuan kali ini mudah mudahan bermanfaat.